5 Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Rusak

5 Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Rusak

Keyboard adalah salah satu komponen laptop yang cukup rentan terhadap kerusakan. Mulai dari tombol yang memasukkan karakter salah, tidak berfungsi sebagian, hingga tidak berfungsi sepenuhnya. Maka mulai saat ini Carisinyal akan mengulas beberapa cara untuk memperbaiki keyboard laptop yang rusak.

Biasanya untuk memperbaiki keyboard yang rusak kita harus tahu terlebih dahulu penyebabnya, apakah disiram air, terkena debu, dan lainnya. Namun sayangnya terkadang keyboard laptop sering mendapatkan kesalahan secara tiba-tiba tanpa mengetahui apa yang menyebabkannya. Jika itu masalahnya maka kita secara otomatis harus mencoba beberapa langkah perbaikan darurat sambil memperkirakan apakah penyebab kerusakan. Nah, berikut adalah beberapa langkah perbaikan darurat yang dapat Anda lakukan di rumah sebelum memutuskan untuk membawanya ke pusat layanan.

5 Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Rusak
5 Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Rusak

1. Nyalakan kembali Laptop

Restart laptop adalah langkah pertama yang harus Anda lakukan sebelum mengambil tindakan lain. Restart laptop dapat memperbaiki ratusan masalah dengan sistem operasi secara langsung. Jika tidak dapat dinyalakan kembali, Anda dapat menekan tombol daya selama beberapa detik hingga laptop mati. Jika setelah pemulihan masalah masih ada, maka silakan coba langkah selanjutnya.

Papan ketik yang tidak berfungsi dengan baik terkadang tidak sengaja disebabkan oleh diri kita sendiri. Salah satu yang paling umum adalah Num Lok aktif karena kami menekan kombinasi tombol tertentu. Saat Num Lock aktif, karakter yang keluar biasanya berbeda dari tombol yang ditekan.

2. Masalah Pengemudi

Masalah dengan driver juga dapat menyebabkan keyboard tidak berfungsi dengan benar. Menurut PCMag, ini biasanya terjadi ketika Anda menginstal perangkat lunak pihak ketiga, mendapatkan virus, dan lainnya. Untuk memeriksanya, silakan buka Device Manager kemudian lihat bagian keyboard.

Jika ada tanda segitiga kuning, maka driver keyboard pasti memiliki masalah. Silakan unduh driver terbaru di situs pabrikan laptop yang Anda miliki. Anda juga dapat melakukan metode ini jika keyboard tidak terdeteksi oleh laptop.

3. Lakukan Pemulihan Sistem

Jika Anda yakin keyboard tidak berfungsi dengan benar setelah menginstal program, maka coba lakukan pengembalian sistem. Cara untuk Windows 8 dan Windows 7, buka Start Menu lalu cari “Recovery”. Sedangkan untuk Windows XP, klik Mulai → Semua Program → Aksesori → Alat Sistem, lalu pilih Pemulihan Sistem. Dengan melakukan pemulihan sistem ini, laptop Anda akan kembali ke kondisi semula sebelum Anda menginstal program yang bermasalah. Berbagai program yang diinstal setelah menginstal program yang bermasalah akan otomatis hilang. Karena itu, pertama-tama buat cadangan berbagai data penting sebelum melakukannya.

4. Bersihkan Debu dan Kotoran

Salah satu penyebab yang paling sering menyebabkan kerusakan pada laptop adalah debu dan kotoran. Debu dan kotoran biasanya terselip di antara tombol keyboard sehingga akan menutupi komponen di dalamnya. Semakin tua laptop Anda, semakin banyak kotoran yang biasanya ada.

Cara termudah untuk membersihkannya adalah memiringkan atau memutar laptop hingga 45 hingga 75 derajat sambil menggoyangkannya. Anda juga dapat menggunakan pembersih khusus untuk keyboard yang biasanya merupakan ruang hampa kecil untuk menghilangkan debu. Jika keyboard laptop Anda tidak berfungsi karena disiram dengan air, maka Anda harus membersihkan bagian dalamnya.

Lepaskan tombol dan kemudian bersihkan papan sirkuit menggunakan kain lembut atau kapas yang telah diberi sedikit alkohol. Menghapus tombol pada keyboard cukup sulit dan membutuhkan keterampilan tertentu. Jika Anda belum menguasainya, maka lebih baik tidak melakukannya karena mungkin sebenarnya menambah kerusakan pada keyboard laptop.

5. Lepaskan Baterai Laptop

Jika ada beberapa tombol pada keyboard laptop yang tidak berfungsi, cobalah untuk mengatur ulang. Dengan cara ini, keyboard yang tidak berfungsi akan kembali normal seperti biasanya.

Caranya adalah sebagai berikut:
– Matikan laptop.
– Lepaskan baterai dan kabel adaptor, lalu biarkan selama 1 menit.
– Tekan dan tahan tombol daya selama 60 detik. Pasang kembali baterai.
– Nyalakan kembali laptop.
– Gunakan Keyboard Di Layar

Jika Anda tidak punya waktu untuk membeli keyboard USB, tetapi Anda benar-benar membutuhkan keyboard untuk mengetik, maka cobalah untuk menggunakan keyboard di layar.

Untuk menggunakannya, buka Mulai> Program> Aksesori> Aksesibilitas, lalu pilih Keyboard Layar. Keyboard Di Layar ini berfungsi seperti keyboard biasa. Namun, Anda harus mengoperasikannya menggunakan mouse atau touchpad. Memang cukup merepotkan, tetapi sangat berguna jika Anda membutuhkannya dalam kondisi tertekan.


Leave a Reply