5 Manfaat Terapi Akupunktur yang Tidak Pernah Anda Ketahui

5 Manfaat Terapi Akupunktur yang Tidak Pernah Anda Ketahui

Akupunktur adalah salah satu jenis terapi kesehatan yang sangat terkenal di Indonesia. Akupunktur dilakukan oleh seseorang yang ahli di bidang akupunktur. Terapi ini menggunakan jarum sebagai media pengobatan. Jarum ditempatkan pada titik-titik yang tersebar di seluruh tubuh. Meskipun terapi ini menggunakan jarum, tetapi tidak menimbulkan rasa sakit.

Menurut kepercayaan Cina, di dalam tubuh ada aliran energi yang disebut Qi. Suatu penyakit dapat timbul karena aliran Qi yang tersumbat. Karena itu, dengan melakukan terapi akupunktur, aliran Qi bisa lancar kembali. Sehingga terapi akupunktur memiliki beberapa manfaat yang baik untuk kesehatan. Berikut manfaat terapi akupunktur yang belum Anda ketahui.

5 Manfaat Terapi Akupunktur yang Tidak Pernah Anda Ketahui
5 Manfaat Terapi Akupunktur yang Tidak Pernah Anda Ketahui

1. Mengatasi sakit kepala

Sakit kepala adalah masalah paling umum yang diderita banyak orang. Ahli akupunktur diyakini mampu mengatasi sakit kepala. Sebuah penelitian dilakukan oleh Center for Complementary Medicine di University of Munich.

Hasil penelitian menyimpulkan bahwa akupunktur dapat mengurangi rasa sakit di kepala. Dengan menempatkan jarum akupunktur pada titik strategis, sakit kepala bisa diatasi.

2. Meredakan nyeri sendi

Nyeri sendi adalah masalah yang dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Salah satu cara untuk mengurangi nyeri sendi adalah dengan melakukan terapi akupunktur. Nyeri sendi seperti nyeri punggung, leher, lutut, dan radang sendi dapat dihilangkan melalui akupunktur.

Departemen Epidemiologi dan Biostatistik Peringatan Sloan-Kettering telah melakukan penelitian akupunktur. Hasilnya akupunktur dapat digunakan sebagai metode pengobatan nyeri sendi.

3. Mengobati insomnia

Insomnia adalah suatu kondisi di mana seseorang mengalami kesulitan tidur. Insomnia dapat menyebabkan berbagai masalah dalam tubuh. Karena itu, insomnia dapat diobati dengan melakukan terapi akupunktur.

Sebuah penelitian dilakukan oleh Universitas Pengobatan Cina Beijing. Penelitian ini menunjukkan bahwa penderita insomnia mengonsumsi obat-obatan dan dibantu oleh akupunktur akan mempercepat proses penyembuhan insomnia.

4. Membantu mengatasi obesitas

Obesitas dapat menyebabkan masalah dengan kesehatan. Akupunktur dapat membantu orang gemuk dalam menurunkan berat badan. Nafsu makan dapat ditekan dengan menempatkan jarum akupunktur pada titik-titik strategis dalam tubuh. Kemudian, akupunktur dapat meningkatkan hormon endorfin dan dopamin yang memengaruhi penurunan berat badan.

5. Meningkatkan pemulihan kanker

Akupunktur dapat digunakan sebagai sarana untuk pemulihan kanker. Sebuah studi dilakukan oleh National Cancer Institute. Hasil menunjukkan bahwa akupunktur memiliki manfaat untuk meningkatkan imunitas dan mempercepat pemulihan kanker. Selain itu, akupunktur dapat mencegah penurunan sel sehat setelah kemoterapi.

Itulah manfaat terapi akupunktur yang mungkin tidak Anda ketahui. Ternyata terapi akupunktur sangat bermanfaat untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Untuk itu, Anda bisa menjadikan akupunktur sebagai obat alternatif.

Namun perlu diingat, Anda tidak bisa hanya melakukan terapi akupunktur. Terapi ini harus dilakukan oleh orang yang ahli untuk menghindari cedera dan infeksi.


Leave a Reply