6 Jenis Bunga yang Bermanfaat Bagi Kesehatan

6 Jenis Bunga yang Bermanfaat Bagi Kesehatan

Tidak hanya enak dipandang dan dipajang, 6 jenis bunga ini memiliki segudang manfaat kesehatan. Namun tidak semua bunga aman untuk dikonsumsi sehingga Anda harus bijak dan berhati-hati dalam memilih bunga yang bisa dikonsumsi, berikut ulasannya di bawah ini:

1. Bunga Mawar

Bunga yang sering ditanam di halaman rumah ini ada lebih dari 150 spesies dengan ukuran dan warna yang indah. Semua kelopak berbagai jenis bunga ternyata bisa dimakan meski tidak semua memiliki rasa yang sama. Kelopak mawar dapat dimakan mentah, atau dicampur menjadi berbagai buah atau salad.

Kelopak mawar memiliki efek anti-depresi yang dapat berperan dalam mengurangi kecemasan dan meningkatkan relaksasi. Kelopak mawar juga merupakan sumber antioksidan yang sangat kaya, vitamin A, C dan E yang dapat membantu melembabkan dan mengencangkan kulit serta mengurangi munculnya keriput dan lingkaran hitam. Kandungan vitamin C yang tinggi dapat menjadi pendorong alami yang sangat baik untuk sistem kekebalan tubuh.

2. Bunga chamomile

Bunga ini telah digunakan dalam masakan dan pengobatan tradisional selama berabad-abad di berbagai belahan dunia. Bunga chamomile banyak digunakan secara medis untuk mengurangi kecemasan dan meningkatkan kualitas tidur.

6 Jenis Bunga yang Bermanfaat Bagi Kesehatan
6 Jenis Bunga yang Bermanfaat Bagi Kesehatan

Berbagai penelitian menunjukkan bahwa ekstrak Chamomile sangat efektif membunuh jamur dan bakteri seperti Candida albicans dan bakteri Enterococcus faecalis yang dapat menyebabkan infeksi. Obat kumur yang terbuat dari Chamomile efektif mengobati sariawan dan rasa sakit yang terkait tanpa efek samping. Selain itu, sifat anti-inflamasinya dapat bermanfaat dalam mengobati masalah kulit.

3. Bunga lavender

Lavender adalah genus tanaman berbunga di suku Lamiaceae dengan bunga ungu kecil yang melimpah di setiap batang. Bunga herba ini awalnya tumbuh di bagian Afrika Utara dan Mediterania. Bunga ini dapat ditambahkan ke berbagai makanan, minuman, atau campuran obat.

Bunga lavender terkenal dengan aroma khasnya yang memiliki efek relaksasi alami sehingga mengonsumsi Lavender dapat membantu mengendalikan kecemasan dan depresi. Kelopak bunga ini mengandung vitamin A yang penting untuk kesehatan mata. Selain itu, bunga ini juga mengandung kalsium dan zat besi yang merupakan nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh kita. Mengambil Lavender dapat meminimalkan potensi osteoporosis dan bahkan membantu mengurangi gejala PMS.

4. Bunga Dandelion

Dandelion adalah bunga liar yang dapat tumbuh di mana saja tanpa perlu perawatan. Dandelion memiliki bunga kecil dengan diameter sekitar 2-4 cm dengan banyak kelopak kuning kecil yang cerah. Bunga ini, yang terkadang dianggap sebagai gulma, memiliki manfaat luar biasa dan bahkan setiap bagiannya dapat dinikmati termasuk akar, batang dan daunnya.

Kelopak bunga ini mengandung vitamin A dan C sedangkan daunnya tinggi kalsium, zat besi dan fosfor. Batang bunga ini memiliki cairan kental yang dapat membantu penyembuhan luka seperti bagian dalam tanaman lidah buaya. Dandelion dapat mengobati kehilangan nafsu makan, masalah lambung, batu empedu, nyeri sendi, eksim, dan bahkan sembelit dengan benar.

5. Bunga Pansy

Pansy adalah jenis bunga hibrida yang memiliki kelopak kecil berukuran sekitar 5-8 cm dan memiliki banyak warna seperti warna yang paling umum yaitu ungu, biru, dan kuning. Variasi warna yang sangat besar membuat bunga ini sering digunakan sebagai tambahan hiasan kue. Bunga banci juga dapat digunakan sebagai salad tambahan dengan memotong atau mencampur kelopak seperti itu pada salad.

Pansy memiliki sifat antimikroba yang dapat membantu berbagai masalah yang mempengaruhi kesehatan, seperti radang sendi, masalah kulit, asma, tekanan darah tinggi, dan bahkan epilepsi. Pansy juga merupakan sumber yang kaya dari beberapa senyawa yang memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi.

6. Bunga Hibiscus (Hibiscus)

Bunga kembang sepatu atau dikenal sebagai Hibiscus adalah bunga dengan kelopak besar berbagai warna – termasuk merah, putih, kuning dan berbagai merah muda yang tumbuh di daerah tropis dan sub-tropis. Bunga ini dapat dikonsumsi langsung atau diolah menjadi pilihan lain, seperti teh, selai, acar, atau menambahkannya ke salad.

Teh kembang sepatu sangat populer di berbagai belahan dunia yang terkenal akan manfaatnya bagi kesehatan jantung. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kembang sepatu dapat membantu mengurangi tekanan darah dan kadar kolesterol.


Leave a Reply